Saturday, November 12, 2011

Tugas MICE - See Jakarta and Yogyakarta, its fascinating




Jakarta

1.      Kegiatan rekreasi (entertainment, shopping, dan lain-lain)
Untuk kegiatan rekreasi pada hari pertama, para peserta akan diajak untuk mengunjungi salah satu pulau di Kepulauan Seribu di Jakarta Utara yaitu Pulau Sepa.
Pulau Sepa mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah. Pulau Sepa  menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini, selain itu Pulau Sepa tempat yang mengasyikan untuk aktivitas memancing. Nuansa tropis Pulau Sepa yang sangat alami dan menyegarkan akan menyapa anda saat anda tiba di pulau ini.
Keindahan pasir putih yang dimiliki Pulau Sepa akan membuat para peserta rileks setelah melakukan kegiatan konvensi. Sepulangnya dari Pulau Sepa, kapal boat yang ditumpangi akan berhenti di Pantai Marina Ancol, dan para peserta akan diajak mengunjungi Pasar Seni Ancol.
Pasar Seni adalah salah satu tempat wisata di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Jakarta Bay City). Merupakan tempat berkarya, pementasan, tempat pameran, dan tempat berjualan benda-benda dan kegiatan kesenian khas Indonesia. 
Pasar Seni Ancol

Pulau Sepa

 
a.   Susunan kegiatan:
1)  Para peserta akan berangkat dari Pantai Marina Ancol pada pukul 8 pagi dengan boat yang telah dipersiapkan.
2) Sesampainya di Pulau Sepa, disambut oleh welcome drink yang telah dipersiapkan.
3)  Para peserta akan diajak berkeliling Pulau Sepa oleh tour guide
4)  Para peserta dapat menikmati water sport yang telah tersedia seperti banana boat, jetski, water ski, canoe, diving, snorkeling, dan fishing.
5)  Setelah kegiatan water sport selesai, para peserta akan menikmati makan siang dengan hidangan seafood yang terjaga kualitas dan kesegaranya.
6)  Setelah makan siang, para peserta kembali ke dermaga untuk kembali ke Pantai Marina Ancol pada pukul 3 siang.
7) Sesampainya di Pantai Marina Ancol, para peserta akan diajak ke Pasar Seni Ancol.
8) Para peserta dapat melihat – lihat hasil karya para seniman Indonesia dan membeli souvenir – souvenir.
9)  Para peserta dapat mencoba untuk membuat kerajinan yang dibantu oleh para seniman.
10) Para peserta akan menonton pementasan kesenian tradisional Indonesia.
11) Setelah semua acara selesai, peserta akan di jemput oleh shuttle bus yang telah disediakan untuk kembali ke hotel.

2.      Kegiatan wisata
Kegiatan wisata pada hari kedua adalah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, seta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah. Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.
Peta Taman Mini Indonesia Indah

a.   Susunan kegiatan:
1)  Mengunjungi anjungan – anjungan rumah adat Indonesia
Karena waktu yang terbatas, maka anjungan yang akan dikunjungi adalah anjungan Sumatera Barat, anjungan DKI Jakarta, anjungan Bali dan anjungan Papua. Tour guide akan mendampingi rombongan peserta.
2)  Mengunjungi museum
Museum yang akan dikunjungi adalah Museum Indonesia dan Museum Komodo dan taman reptil. Museum Indonesia berkonsentrasi pada seni dan budaya berbagai suku bangsa yang menghuni Nusantara dan membentuk negara kesatuan Republik Indonesia. Museum ini bergaya arsitektur Bali dan dihiasi beraneka ukiran dan patung Bali yang sangat halus dan indah. Museum ini menyimpan koleksi beraneka seni, kerajinan, pakaian tradisional dan kontemporer dari berbagai daerah di Indonesia. Diharapkan para peserta dapat memahami budaya Indonesia lebih dalam lagi.
Museum Komodo menampilkan pesona satwa langka dalam bentuk awetan dan reptilia hidup. Arsitektur bangunannya mengambil bentuk komodo, satwa yang hanya hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Para peserta dapat melihat komodo sebagai satwa langka yang dilindungi di Indonesia dan Pulau Komodo yang juga menjadi New 7 Wonders secara lebih dekat.
3)  Makan siang
4)  Berkeliling TMII dengan kereta gantung
Para peserta dapat naik kereta gantung untuk menikmati miniatur Indonesia dari atas dan seluruh area dan fasilitas yang dimiliki oleh TMII.
5)  Kembali ke hotel
Setelah seluruh kegiatan selesai dilakukan, akhirnya para peserta akan kembali ke hotel masing – masing  dan dijemput oleh shuttle bus yang telah disediakan.



Yogyakarta


1.      Kegiatan rekreasi (entertainment, shopping, dan lain-lain)
Para peserta akan di ajak ke Kota Gede, yaitu sentra kerajinan perak di Yogyakarta. Kerajinan perak dibuat secara manual tanpa menggunakan mesin sama sekali. Kerajinan perak ini juga menonjolkan kebudayaan Yogyakarta, bentuk – bentuk ornamennya terinspirasi dari motif – motif batik yang cantik, selain itu bentuk – bentuk pajangannya terinspirasi dari masyarakat jawa misalnya andong dan becak. Para peserta juga dapat membuat kerajinan perak yang sederhana disini dibantu oleh para pengrajin. Para peserta juga dapat membeli kerajinan perak tersebut sebagai oleh – oleh.
Setelah mengunjungi sentra kerajinan perak, para peserta akan di ajak ke Pasar Malioboro. Pasar Malioboro adalah salah satu lambing kota Yogyakarta. Disini para peserta dapat berbelanja berbagai aneka macam batik, kerajinan khas Yogyakarta, dan pabrik kaos khas Yogyakarta yaitu Dagadu. Setelah itu para peserta akan menikmati makna malam masih di jalan Malioboro yang terletak di pinggir jalan dan duduk secara lesehan. Para peserta dapat mnikmati makanan khas Yogyakarta yaitu gudeg.

Kerajinan Perak

Jalan Malioboro


 
a.      Susunan kegiatan:
1)      Peserta mengunjungi sentra kerajinan perak Kota Gede
2)      Peserta membuat kerajinan perak yang sederhana
3)      Makan siang
4)      Peserta mengunjungi Pasar Malioboro
5)      Peserta berbelanja souvenir untuk dibawa pulang ke Negara masing – masing
6)      Makan malam di Jalan Malioboro
7)      Kembali ke hotel dengan shuttle bus yang telah disediakan

2.      Kegiatan Wisata
Peserta akan diajak mengunjungi Candi Prambanan, yaitu komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Peserta akan dipandu oleh tour guide yang berpengalaman dan dapat berbicara bahasa inggris dengan lancar. Setelah itu para peserta akan menonton pagelaran Sendratari Ramayana yang dilakukan pada malam hari. Pagelaran ini menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Sinden akan melantunkan tembang dalam bahasa jawa yang menggambarkan cerita tersebut dan akan di narasikan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.Panggung yang megah dengan latar belakang Candi Prambanan dan lampu sorot yang indah akan membuat para peserta kagum akan keindahan budaya Indonesia.
Candi Prambanan

 

a.  Susunan kegiatan:
1)   Para peserta sampai di komplek Candi Prambanan
2)   Berkeliling Candi dengan beberapa tour guide professional
3)   Membeli souvenir khas Candi Prambanan
4)   Makan siang diluar komplek Candi
5)   Kembali lagi ke Candi pada untuk menyaksikan pagelaran Sendratari Ramayana
6)   Kembali ke hotel dengan shuttle bus yang telah disiapkan


No comments:

Post a Comment